RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) TEMATIK
Satuan
Pendidikan : SD N 2 Bandung Kebumen
Kelas / Semester : IV / 1
Tema : 4. Berbagai Pekerjaan
Sub Tema : 3.
Pekerjaan Orang Tuaku
Pembelajaran : 1.
Pekerjaan Orang Tuaku.
Waktu : 6 x 35 menit (1 hari pertemuan)
A. Kompetensi Inti
1. Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memililiki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan
dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi Dasar
Bahasa
Indonesia
3.3
Menggali informasi dari teks wawancara tentang jenis-jenis usaha dan pekerjaan
serta kegiatan ekonomi dan koperasi dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.3
Mengolah dan menyajikan teks wawancara tentang jenis-jenis usaha dan pekerjaan
serta kegiatan ekonomi dan koperasi secara
mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah
kosakata baku.
Indikator
1. Mendesain kalimat pertanyaan untuk wawancara tentang pekerjaan
orang tua di rumah
Matematika
3.10
Menentukan hubungan antara satuan dan atribut pengukuran termasuk luas dan
keliling persegi panjang.
4.10
Mengembangkan dan membuat berbagai pola numerik dan geometris.
Indikator
1.
Menyelesaikan
masalah yangtekait dengan luas bangun datar.
IPA
3.7
Mendeskrisikan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi,
dan masyarakat
4.6 Menyajikan
laporan tentang sumberdaya alam dan
pemanfaatannya oleh masyarakat
4.7
Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang teknologi yang digunakan di
kehidupan sehari-hari serta kemudahan yang diperoleh oleh masyarakat dengan
memanfaatkan teknologi tersebut.
Indikator
1. Membandingkan penggunaan teknologi dalam hal membantu pekerjaan
dari masa ke masa.
2. Memberikan ide cara menjaga kesuburan tanah
IPS
3.1
Mengenal manusia, aspek keruangan, konektivitas antar ruang, perubahan dan keberlanjutan
dalam waktu, sosial, ekonomi, dan pendidikan
4.1
Menceriterakan tentang hasil bacaan mengenai pengertian ruang, konektivitas
antar ruang, perubahan, dan
keberlanjutan dalam waktu, sosial, ekonomi, dan pendidikan dalam lingkup masyarakat
di sekitarnya.
Indikator
1. Membandingkan
alat-alat yang digunakan untuk pekerjaan dari masa ke masa.
2. Memprediksi
alat-alat yang digunakan untuk pekerjaannya di masa mendatang
C. Tujuan
Pembelajaran
1.
Setelah
diskusi kelas dan analisa gambar, siswa mampu membandingkan alat-alat yang dibutuhkan
untuk pekerjaan dari masa ke masa dalam bentuk tulisana dengan benar.
2.
Setelah
diskusi kelas dan analisa gambar, siswa mampu memprediksi alat-alat yang dibutuhkan
untuk pekerjaannya di masa mendatang dengan rinci.
3.
Setelah
bereksplorasi, siswa mampu menjelaskan konsep luas dan keliling bangun gabungan
dengan dalam bentuk tulisan benar.
4.
Setelah
bereksplorasi, siswa mampu menyelesaikan masalah yang tekait dengan luas bangun
datar dengan benar.
5.
Setelah
mengamati gambar, siswa mampu membandingkan penggunaan teknologi dalam hal
membantu pekerjaan dari masa ke masa dengan rinci.
6.
Setelah
membaca teks dan diskusi, siswa mampu menjelaskan akibat penggunaan pupuk
dengan benar.
7.
Setelah
membaca teks dan diskusi, siswa mampu memberikan ide cara menjaga kesuburan
tanah dengan tepat.
8.
Setelah
mendengarkan penjelasan guru, siswa mampu membuat pertanyaan yang sesuai
mencari informasi tentang pekerjaan orang tua.
D. Materi
Pembelajaran
Matematika : Keliling dan luas persegi panjang
Bahasa
Indonesia : Mendesain pertanyaan untuk wawancara
IPA : Memahami dampak penggunaan pupuk
IPS : Pekerjaan petani, perkembangan teknologi
E. Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan : Scientific, tematik integratif
2.
Metode : Kerja
kelompok, penugasan, proyek, ceramah, demonstrasi,
diskusi
F. Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
1.
Media : LCD proyektor, gambar-gambar tentang
kemajuan teknologi, tipe-tipe HP,
2.
Alat : kertas bekas, kertas karton/folio
3.
Sumber : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
Republik Indonesia, 2013, tema 4 Berbagai
pekerjaan, buku tematik terpadu kurikulum 2013 buku siswa SD/MI kelas 4, cetakan
1, Jakarta, Kemendikbud RI, hal.72-79.
Kementrian
Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2013, tema 4 Berbagai pekerjaan, buku tematik terpadu kurikulum 2013 buku
guru SD/MI kelas 4, cetakan 1, Jakarta, Kemendikbud RI, hal.100-106 .
G.
Kegiatan Pembelajaran
Komponen
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Awal
|
-
Salam, mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing dengan dipimpin
ketua kelas (untuk mengawali kegiatan pembelajaran). Melakukan komunikasi
tentang kehadiran siswa. Menanyakan tugas
piket agar bersih dan nyaman dalam belajar
-
Menanyakan kabar menginformasikan
tentang kegiatan pembelajaan hari ini dan mengaitkan dengan pembelajaran sebelumnya (kemarin) dirangkai
dengan memberi motivasi tentang
kegunaan / manfaat serta tujuan pembelejaran hari ini.
|
10 menit
|
Inti
|
-
Siswa mengamati tayangan gambar alat-alat pertanian dilanjutkan diskusi dan analisa gambar
-
Siswa membandingkan alat-alat yang digunakan dan dibutuhkan untuk pekerjaan dari masa ke masa dalam
bentuk lisan dan
tulisan.
-
Semua siswa
menceritakan perubahan teknologi yang digunakan oleh
orang tuanya. seperti ketika masa lalu menggunakan kompor tungku sekarang menggunakan kompor gas.
-
Guru meminta setiap
siswa untuk menyampaikan tulisannya kepada
temannya.
-
Siswa dibentuk kelompok diskusi kelas untuk menganalisa
gambar, dan memprediksi alat-alat yang dibutuhkan untuk
pekerjaannya di masa mendatang dengan rinci melalui perbandingan.
-
Siswa mempresentasikan hasil diskusi dan membandingkan
penggunaan teknologi dalam hal membantu pekerjaan dari masa ke masa dengan
rinci.
-
Siswa mengamati gambar pertanian
dan tanaman dilanjutkan dengan membaca teks dan
diskusi.
-
Siswa membaca teks tentang penggunaan pupuk
-
Siswa mengambil
informasi penting dari teks yang dibacanya.
-
Siswa menjelaskan akibat positif dan negative dari penggunaan pupuk.
|
60 menit
|
-
Siswa mengamati tentang lahan pertanian dan bereksplorasi tentang keliling dan luas.
-
Siswa berdiskusi tentang luas lahan pertanian dan menjelaskan
konsep luas dan keliling bangun gabungan dengan dalam bentuk lisan dan tulisan.
-
Siswa berkelompok untuk menyelesaikan
masalah yang tekait dengan luas bangun datar.
|
60
menit
|
|
-
Siswa menjawab
pertanyaan berdasarkan teks yang diberikan dan guru
mendiskusikan hasil jawaban tersebut di depan kelas.
-
Guru memberikan
penguatan tentang dampak dari penggunaan pupuk buatan dan pestisida terhadap lingkungan.
-
Siswa mengungkapkakn ide-ide cara menjaga kesuburan
tanah melalui
bimbingan guru.
-
Siswa mengkomunikasikan anatar teman tentang pekerjaan orang
tua.
-
Siswa membuat pertanyaan yang sesuai untuk mencari
informasi tentang pekerjaan orang tua.
|
60 menit
|
|
Penutup
|
-
Siswa mengingat kembali pembelajaran yang telah diikuti dengan bimbingan
guru.
-
Siswa menyimpulkan hasil belajar, dan
mengungkapkan perasaannya tentang pembelajaran hari ini.
-
Guru memberikan pesan untuk senantiasa bersyukur kepada Tuhan dengan
terus berusaha keras dalam mencapai kebaikan hidup
-
Doa penutup dipimpin
salah satu siswa dan guru
mengucapkan salam.
|
20 menit
|
H. Penilaian
1. Prosedur penilaian
a. Penilaian proses (terlampir)
b. Penilaian hasil belajar (terlampir)
2. Bentuk instrument dan instrument (terlampir)
3. Pendoman pensekoran (terlampir)
Jogjakarta, 4 Oktober 2013
Insruktur PLPG Peserta PLPG
Dra. Ag. Sri
Purnami, M.Pd S a e b a n i
NIA.
07139027002 No.
13030502710382
LAMPIRAN 1
A.
Instrumen Penilaian
1. Alat apa yang digunakan oleh Kakek Udin untuk menggemburkan tanah?
2. Alat apa yang digunakan oleh Paman Udin untuk menggemburkan tanah?
3.
Alat mana yang menggunakan mesin?
4.
Sebutkan perbedaan kedua alat itu?
5.
Menurutmu, alat mana yang lebih cepat untuk mengolah tanah?
Mengapa?
6. Menurutmu
alat apa yang digunakan untuk mengemburkan tanah pada masa depan?Pekerjaan Orang Tuaku
B.
Kunci jawaban
dan penskoran
1.
Bajak kerbau
(skor : 1)
2.
Mesin Traktor
(skor : 1)
3.
Traktor (skor : 1)
4.
Traktor : tenaga mesin, tidak kenal lelah, cepat, sumber
tenaga solar (skor : 3)
Kerbau : tenaga hewan, bisa lelah, butuh istirahat,
pelan, sumber tenaga rumput (skor : 3)
5.
Traktor, karena
tidak kenal lelah, praktis, lebih cepat. (skor : 1)
6.
Traktor (skor :
1)
C.
Skor maksimal ideal = 10
skor perolehan
Skor maks. Ideal x 100 = NA
|
Lampiran 2
Penilaian Proses
A.
Instrumen
Diskusikan bersama teman kelompokmu!
1.
Ceritakan
perkembangan teknologi telepon yang dapat kalian pahami dari gambar halaman 74!
2.
Apakah perkembangan
teknologi telepon bermanfaat bagi kita? Jelaskan!
Rubric penilaian
No
|
Nama
siswa
|
Perkembangan
Teknologi
telpon
|
Manfaat
perkembangan teknologi telpon
|
NA
|
||||
2
|
3
|
4
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
B.
Ket. Pensekoran
Skor 2 : hanya menjelaskan satu /
dua dari beberapa perkembangan telpon.
Skor 3 : Dapat mengungkapkan periode perkembangan telpon tanpa
tahun / sebaliknya.
Skor 4 : Dapat mengungkapkan urutan
/ periode perkembangan teknologi telpon lengkap dengan tahun pembuatan.
C.
Penilaian
Skor maksimal ideal = 8
skor perolehan
Skor maks. Ideal x 100 = NA
|
Lampiran 3
A. Instrumen
Jawablah
pertanyaan berikut ini!
1.
Pupuk mana yang
lebih baik untuk tanaman?
2.
Apa dampak
penggunaan pupuk buatan secara berlebihan?
3.
Apa dampak
penggunaan pestisida secara berlebihan
4.
Apa yang
sebaiknya petani lakukan agar tanah tetap terjaga kesuburannya?
B. Kunci jawaban
dan skor
1.
Pupuk kandang/
kompos / organic / alami (skor : 2)
2.
Jika digunakan
secara berlebihan akan berbahaya. (skor
: 2)
3.
Penggunaan
pestisida secara berlebihan akan membuat tanah menjadi tandus karena dapat
membunuh bakteri pengurai di tanah (skor : 4)
4.
Sebaiknya
menggunakan pupuk alami (skor : 2)
C. Penilaian
Skor maksimal ideal = 10
skor perolehan
Skor maks. Ideal x 100 = NA
|
Lampiran 4
A.
Instrumen
Hitunglah
keliling dan luas bangun datar berikut !
1.
L = 3 cm, P = 5 cm. Keliling = . . . . luas
= . . . .
2.
L = 3 cm, P = 5
cm + L = 3 cm, P = 5 cm. keliling = . .
. . luas = . . . .
3.
L = 7 cm, P =
10 cm. keliling = . . . . luas = . . . .
4.
L = 12 m, P =
15 m. keliling = . . . . luas = . . . .
5.
. keliling
= . . . . luas = . . . .
B.
Kunci jawaban dan penskoran
1.
Kel = 16 cm Ls
= 15 cm (skor ; 2)
2.
Kel = 32 cm Ls
= 30 cm (skor ; 2)
3.
Kel = 34 cm Ls
= 70 cm (skor ; 2)
4.
Kel = 54 cm Ls
= 180 cm (skor ; 2)
5.
Kel = 170 cm Ls
= 1500 cm (skor ; 2)
C.
Penilaian
Skor maksimal ideal = 8
skor perolehan
Skor maks. Ideal x 100 = NA
|
dicari-cari, ketemunya di sini. trims sudah dibagi.
BalasHapussaya mau download rpp ini
BalasHapussaya mau download rpp ini
BalasHapussaya mau download rpp ini
BalasHapus